seputar teknologi informasi komputer


Wednesday 29 April 2015

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah Interkoneksi antara dua komputer atau lebih yang terhubung dengan sebuah media transmisi yaitu menggunakan kabel ataupun tanpa kabel (wireless).
Interkoneksi itu sendiri diartikan sebagai dua unit komputer saling berkoneksi, dikatakan berkoneksi jika keduanya saling bertukar data atau informasi. berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan, dll.
Pada tahun 1950 saat jenis komputer semakin membesar sampai terciptanya super komputer. Maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Oleh karena itu semakin berjalannya waktu dikenal dengan istilah TSS (Time Sharing System), dan untuk yang pertama kali jaringan komputer dengan lapis aplikasi.


Pada tahun 1957 Departement of Defience (DoD) USA membentuj yang namanya ARPA (Advanced Project Agency). Pada tahun 1967 desain ARPANET di terbitkan, dan pada tahun 1969 DoD mengadakan beberapa riset sehingga membentuk sebuah jaringan organik (program ini disebut dengan ARPANET).

 

Semakin berkembang pesatnya komputer. maka penggunaan komputer dan jaringan komputer juga mulai beragam. Sehingga di dalam jaringan komputer di kenal dengan sebuah system koneksi antara node (komputer) yaitu:

1. Peer to Peer
Suatu model yang mana tiap komputer dapat memakai resource pada komputer lain atau memberikan resourcenya untuk komputer lain. Di dalam model ini tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur system komunikasi dan penggunaan resource komputer yang ada dalam sebuah jaringan. Sehingga semua bisa menjadi server dan client di saat yang sama.


2. Client Server
Merupakan sebuah model jaringan yang menggunakan satu atau lebih sebagai server untuk memberikan resource komputer kepada komputer lain atau di sebut client.

 


Jenis-jenis Jaringan Komputer
 Secara umum sebuah jaringan komputer  memiliki 3 jenis komputer yaitu: 

1. Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan dengan lingkungan kecil, di mana jaringan ini dibatasi oleh sebuah area atau lingkungan. Contoh: sebuah ruangan dalam sebuah gedung.


2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kevil. Misalnya jaringan beberapa kantor cabang dalam satu kota dengan yang lain.


3. Wide Area Network (WAN)
Jaringan yang memiliki jangkauan lebih luas biasanya dalam jaringan ini sudah memiliki media wireless, sarana satelit. ataupun kabel serat optik. Contoh: Bank Indonesia dengan Bank di Negara-negara lain.
 


Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Jaringan Komputer, semoga dengan adanya artikel ini anda lebih mudah memahami Jaringan Komputer.

Pengertian Jaringan Komputer Rating: 3.4 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment