seputar teknologi informasi komputer


Wednesday 29 April 2015

Pengertian dan Sejarah Teknologi

Teknologi memiliki beberapa defisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyesuaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi dikenal sebelum teknis dan sains.

Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian, penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah teknologi.

Definisi lainnya adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa kita produksi.Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan  teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.


Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah "teknologi" belum digunakan. Istilah teknologi berasal dari "techne" atau cara dan "logos" atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang cara. Pengetahuan teknologi sendiri menurutnya adlah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indra dan otak manusia.

Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) Memberi arti teknologi sebagai keseluruhan metode secara rasional mengarah dan memiliki ciri efiensi dalam setiap bidangg kegiatan manusia.

Pengertian teknologi secara umum adalah:

- Sebuah proses yang meningkatkan nilai tambah
- Sebuah produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja manusia
- Sebuah sistem atau struktur dimana sebuah proses dan produk dikembangkan dan digunakan

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khususnya dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terajhir ini. Namun demikian, digunakan untuk hal negatif.

Baca Artikel Sebelumya: Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian dan Sejarah Teknologi Rating: 3.4 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment